Sabtu, 28 April 2012

Uji kesegaran Ikan

Tujuan         :     Untuk mengetahui kesegaran pada ikan.
Hari/tanggal :     2 mei 2012
Dasar teori :      Ikan merupakan bahan makanan dengan kandungan gizi yang tinggi dan kaya protein.protein ikan sangat di perlukan oleh manusia karena selain mudah dicerna juga mengandung asam amino dengan pola yang hampir sama dengan pola asam amino yang terdapat didalam tubuh manusia.selain itu,ikan juga sebagai sumber penghasilan bagi masyarakat yang bertempat tinggal di daerah pantai.
Ikan segar adalah ikan yang masih mempunyai sifat sama dengan pada saat dia masihbaru ditangkap,sama seperti ikan yang masih hidup baik di tinjau dari segi rupa,bau,rasa,maupun teksturnya,belum mengalami perubahan fisik maupun kimia(Anita,2003.diacu dalam faubiani 2008).Tingkat kesegaran ikan berhubungan dengan proses kemunduran mutu.Kesegaran ikan dapat digolongkan kedalam empat kelas mutu (Hadiwiyoto,1993):
  1. Ikan yang kesegaran nya masih baik sekali(prima):ikan pada posisi ini adalah ikan yang baru saja ditangkap dan baru mengalami kematian.nilai uji organoleptik ini adalah 9.ciri-ciri ikan pada kondisi ini adalah mata cerah,bola mata menonjol,kornea jernih,insang berwarna merah dan jernih,serta sayatan daging cemerlang.
  2. Ikan kesegaran nya masih baik (Advonced): ikan pada posisi ini memiliki nilai organoleptik antara 7-8.Artinya ikan pada posisi ini masih baik,namun tingkat sesegar ikan yang masih prima.
  3. Ikan yang kesegarannya sudah mulai mundur (sedang):Ikan pada kondisi ini memiliki nilai organaleptik 5-6 dengan pola mata yang mulai cekung,kornea keruh,insang mulai berlendir,daging mulai lembek dan warna mulai pudar.
  4. ikan yang sudah tidak segar lagi (busuk):Ikan pada kondisi ini memiliki nilai organopleptik antara 1-5 artinya ikan sudah busuk dengan tanda -tanda sisik mudah lepas dan sudah memberikan bau busuk.ikan sudah tidak layak di konsumsi.
Alat dan Bahan:
a.Tabung reaksi
b.Penyumbat gabus
c.kawat
d.pipet ukur
e.karet penghisap
f.pisau
g.rak tabung reaksi
h.bunsen
Bahan:
a.Sampel ikan puput
b.Reagen eber (HCL pekat,alkohol 90%,eter dengan perbandingan 1:1:1)

Cara kerja
1.Tabung reaksi diisi dengan reagen eber 3-5 ml.
2.Ikan diiris sebesar kacang tanah dan ditusuk dengan ujung kawat,ujung kawat lain ditusuk dengan gabus.
3.Dangin yang sudah ditusuk dimasukan ketabung reaksi dan gabusnya disumbatkan pada mulut tabung.
4.Jika terbentuk gas berwarna putih didalam tabung menun jukkan adanya gas NH3 hasil pembusukan.

Hasil Pengamatan
Pada praktikum kali ini kelompok kami menguji kesegaran pada ikan puput.setelah di amati bahwa ikan puput positif masih segar dengan tanda tidak ada gelembung/gas berwarna putih didalam tabung reaksi.

Pembahasan:

----------------------------------------------------------


Kesimpulan:
a.ikan puput yang di periksa masih segar.
b.ciri-ciri ikan segar:mata cerah,bola mata menonjol,kornea jernih,insang berwarna merah dan jernih,serta sayatan sayatan daging cemerlang.

Daftar pustaka

--------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar